RPP Menyimak Beserta Transkip Berita

A. Transkip Berita Tentang Banjir Manado, 15 Januari 2014
    Saudara banjir besar melanda Kota Manado, Sulawesi Utara. Arus banjir yang deras menghanyutkan sejumlah rumah warga. Hujan deras semalaman membuat air naik sejak pukul 7:30 WITA di Kota Manado. Banjir menggenangi beberapa perkampungan yang ada di Manado , terutama pemukiman di bantaran Sungai Mondano. Di Kampung Ternate Tanjung 3 rumah di laporkan hilang akibat arus yang begitu deras. Ketinggian air pun terus naik hingga akses masuk ke pusat kota lumpuh karena sebagian jalan raya di pusat kota tergenang air.
        Naik 30cm kira-kira jam 5, dia naik terus sampai sekarang. Sekarang  dia naik kira-kira ada 2,5 meter. Saat ini pihak pemerintah Kota Manado terus berkoordinasi denga sejumlah instansi terkait, TNI dan polri juga sudah menurunkan sebanyak mungkin personel untuk membantu warga. Berdasarkan informasi terakhir dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah 4 jembatan ptus diterjang banjir.

B. Kajian yang Terdapat dalam Berita Banjir Manado
1.      Pokok-pokok isi berita.
·         Banjir besar melanda Kota Manado, Sulawesi Utara.
·         Arus banjir yang deras menghanyutkan sejumlah rumah warga.
·         Akses masuk ke Kota Manado lumpuh.
·         Ketinggian air semakin meningkat.
·         Pihak pemerintah Manado mengupayakan bantuan kepada korban banjir Manado.
·         Fasilitas umum Kota Manado rusak.

2.      Tanggapan terhadap isi berita. 
          Berkaitan dengan terjadinya bencana banjir dalam berita tersebut, bahwasanya banjir itu merupakan hal yang lumrah terjadi di Indonesia, bukan hanya di Indonesia, melainkan disetiap negara juga pernah mengalami bencana seperti itu. Menurut saya, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan banjir itu, salah satunya adalah derasnya curah hujan hingga mengakibatkan 5 sungai besar di Manado meluap bersamaan. Dalam peristiwa kali itu, apa yang telah di lakukan pemerintah Kota Manado sudah bagus, banyak pihak yang telah tanggap dalam membantu korban bencana banjir tersebut. Saran saya terkait bencana banjir, alangkah baiknya jika kita selaku masyarakat Indonesia turut serta dalam membantu meringankan korban bencana banjir, misalkan memberikan   bantuan berupa materi(makanan, uang,) atau bantuan berwujud fisik(sukarela membersihkan/turut serta dalam pencarian korban banjir). Selain itu juga, khusus bagi  anak-anak korban banjir, seharusnya pemerintah mengupayakan hiburan terhadap kondisi psikologis anak-anak korban banjir agar tidak larut dalam kesedihan, dan tidak membebani hidup mereka.

C. Pertanyaan

  1. Apa yang menjadi pokok bahasan dalam berita tersebut?
  2. Di mana peristiwa bencana banjir tersebut terjadi?
  3. Mengapa akses masuk Kota Manado lumpuh total?
  4. Bagaimana upaya pemerintah Kota Manado terhadap korban banjir?
  5.  Kapan ketinggian air semakin meningkat?.
  6. Berapa ketinggian air banjir dalam berita tersebut?.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Menyimak Beserta Transkip Berita"