Teks Pidato SBY dan Kajian-Kajiannya

Bismillahirrohmanirrohim,

            Assalamualaikum Wr.Wb,
           
Salam sejahtera  untuk kita semua.
Yang sama-sama kita hormati, kita cintai Bapak Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo serta Ibu Negara, Ibu Iriana Joko Widodo.

Bapak ibu hadirin yang saya mulyakan, alhamdulilah pada acara yang istimewa dan bersejarah ini kita bersama-sama berada di Istana Negara, ulangi di Istana Merdeka untuk menyambut dan mengucapkan selamat datang Bapak Presiden beserta Ibu,  kejajaran lembaga kepresidenan setelah beliau tadi mengucapkan sumpah di hadapan Majelis Permusyawaratan Rakyat sekaligus hari ini juga saya akan mohon diri pamit meninggalkan tempat dan kantor  yang saya gunakan beserta pemerintahan yang saya pimpin selama ini. Bapak Presiden kami semua mengucapkan selamat, kami semua mendoakan agar bapak berhasil di dalam mengemban tugas Negara dan Bangsa lima tahun mendatang, dan kemudian kepada jajaran lembaga kepresidenan sebagaimana yang saya sampaikan sebelumnya berikanlah dukungan, bantuan, dan pelayanan terbaik kepada Bapak Presiden kita dan Ibu Negara sebagaimana yang telah diberikan kepada saya dan Ibu Ani, dan yang penting adalah pemimpin itu datang dan pergi tapi percayalah semua pasti ingin berbuat yang terbaik bagi Bangsa dan Negaranya, dan pemimpin siapapun tidak mungkin bisa mengemban tugas seorang diri, memerlukan bantuan, dukungan, dan pelayanan terutama dari lembaga kepresidenan dan bantuan serta pelayanan, saya ulangi bantuan dan dukungan dari seluruh rakyat Indonesia. Itulah yang ingin saya sampaikan, saya mohon maaf kepada jajaran lembaga kepresidenan, anggota kabinet apabila ada kesalahan, kekhilafan dan kekurangan kami beserta Ibu Ani selama ini. Selamat bertugas Bapak Presiden, semoga bapak dan ibu Negara senantiasa mendapatkan bimbingan, petunjuk, dan lindungan dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa.

Sekian terima kasih.

            Wassalamualaikum Wr.Wb.



A. Kajian yang Terdapat dalam Pidato SBY
  1. Penutur dalam pidato di atas adalah mantan Presiden RI, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.
  2. Yang menjadi audience dalam acara pidato Bapak Susilo Bambang Yudhoyono adalah : Jajaran pejabat lembaga kepresidenan RI, pejabat TNI dan POLRI.
  3. Isi pidato yang disampaikan Bapak SBY di atas adalah :
  • Bapak SBY menyambut dan mengucapkan selamat datang kepada Bapak Presiden, Jokowidodo beserta Ibu Negara, Ibu Iriana Jokowidodo serta kejajaran lembaga kepresidenan.
  • Bapak SBY memohon diri pamit untuk meninggalkan Istana Merdeka.
  • Bapak SBY mendoakan kepada Bapak Jokowidodo agar berhasil di dalam mengemban tugas Negara dan Bangsa lima tahun mendatang.
  • Harapan Bapak SBY agar jajaran lembaga kepresidenan memberikan dukungan, bantuan, dan pelayanan terbaik kepada Bapak Presiden, Bapak Jokowidodo dan Ibu Negara dalam mengemban tugas Negara.
  • Permohonan maaf dari Bapak SBY kepada jajaran lembaga kepresidenan, anggota kabinet apabila ada kesalahan, kekhilafan dan kekurangan beliau beserta Ibu Ani selama menjabat menjadi Presiden dan Ibu Negara.
  • Harapan Bapak SBY agar Bapak Jokowidodo dan Ibu Negara senantiasa mendapatkan bimbingan, petunjuk, dan lindungan dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa.

B. Kesan yang Saya Dapatkan dalam Pidato SBY
  1. Gaya bahasa, nada, intonasi, serta ketenangan beliau dalam menyampaikan pidato membuat saya terkesan dan sebagai pembelajaran untuk saya belajar berpidato secara baik dan benar.
  2. Rasa salut, bangga, serta ucapan terimakasih kepada Bapak Susilo Bambang Yudhoyono yang selama 10 tahun telah memimpin Negara Indonesia.
  3. Bapak SBY merupakan sebuah teladan bagi generasi-generasi mendatang dalam perbaikan pemerintahan Indonesia.
  4. Karakter tegas dan kalem yang dimiliki beliau dalam memimpin Indonesia patut dicontoh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teks Pidato SBY dan Kajian-Kajiannya"