Pengertian Alih Kode dan Campur Kode Lengkap Pdf dan Word

Pada kesempatan ini aku akan berbagi artikel mengenai alih kode dan campur kode. Apa pengertiannya, jenisnya, dan contoh dari setiap aspek tersebut. Ini penting bagi kita mengetahui tentang alih kode dan campur kode. Mengingat kita hidup dalam bermasyarakat menggunakan bahasa sebagai media komunikasi. Nah, alih kode dan campur kode acapkali kita gunakan dalam komunikasi sehari-hari. Oleh sebab itu, dalam postingan ini aku akan jelaskan secara lengkap apa itu alih kode dan campur kode. Aku juga sudah menyiapkan link download file dalam bentuk word maupun pdf agar kalian lebih mudah mempelajarinya. Selamat mendownload, selamat belajar.

Alih kode (code switching) adalah peristiwa peralihan dari satu kode ke kode yang lain. Misalnya penutur menggunakan bahasa Indonesia beralih menggunakan bahasa Jawa. Alih kode merupakan salah satu aspek ketergantungan bahasa (languagedependency) dalam masyarakat multilingual. Dalam masyarakat multilingual sangat sulit seorang penutur mutlak hanya menggunakan satu bahasa. Dalam alih kode masing-masing bahasa masih cenderung mengdukung fungsi masing-masing dan dan masing-masing fungsi sesuai dengan konteksnya. Appel memberikan batasan alih kode sebagai gejala peralihan pemakaian bahasa karena perubahan situasi. Suwito (1985) membagi alih kode menjadi dua, yaitu 1) alih kode ekstern, bila alih bahasa, seperti dari bahasa Indonesia beralih ke bahasa Inggris atau sebaliknya dan 2) alih kode intern bila alih kode berupa alih varian, seperti dari bahasa Jawa ngoko merubah ke krama.

Sementara itu, campur kode (code-mixing) terjadi apabila seorang penutur menggunakan suatu bahasa secara dominan mendukung suatu tuturan disisipi dengan unsur bahasa lainnya. Hal ini biasanya berhubungan dengan karakteristk penutur, seperti latar belakang sosil, tingkat pendidikan, rasa keagamaan. Biasanya ciri menonjolnya berupa kesantaian atau situasi informal. Namun bisa terjadi karena keterbatasan bahasa, ungkapan dalam bahasa tersebut tidak ada padanannya, sehingga ada keterpaksaan menggunakan bahasa lain, walaupun hanya mendukung satu fungsi. Campur kode termasuk juga konvergense kebahasaan (linguistic convergence).

Jika link di atas tidak berfungsi, gunakan link yang kedua

Jika link di atas tidak berfungsi, gunakan link yang kedua

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian Alih Kode dan Campur Kode Lengkap Pdf dan Word"