Contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Kurikulum 2013 Model Pengajaran Sastra


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah/Satuan Pendidikan                : SMA N 1 Grabag
Mata Pelajaran                                    : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                                    : XI/1
Materi Pokok                                      : Cerita Pendek
Alokasi Waktu                                    : 1 x  pertemuan (2 x 45 menit)

1.         Kompetensi Inti
Tujuan pembelajaran sebagaimana dinyatakan dalam kurikulum, berbentuk kompetensi yang terdiri atas (1) kompetensi sikap spiritual, (2) kompetensi sikap sosial, (3) kompetensi pengetahuan pengetahuan, dan (4) kompetensi keterampilan. Rumusan kompetensi sikap spiritual, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”; kompetensi sikap sosial, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yakni keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memerhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan digunakan sebagai dasar bagi guru dalam menumbuhkan dan mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KI4:
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


2.         Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi Dasar
Indikator
4.9  Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen.
·      Peserta didik mampu menentukan topik cerita pendek baik secara lisan dan tulis.
·      Peserta didik mampu menyusun kerangka cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan dan tulis.
·      Peserta didik mampu mengembangkan kerangka menjadi cerita pendek secara utuh berdasarkan isi pokok teks baik secara lisan dan tulis.


3.      Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah pembelajaran siswa:
·         Dapat mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui cerita pendek.
·         Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk melaporkan hasil cerita pendek.
·         Dapat menyusun cerita pendek berdasarkan unsur-unsur pembangun cerita pendek dengan memerhatikan struktur teks, isi, kebahasaan, dan EBI.

4.      Materi Pembelajaran
·         Contoh cerita pendek.
·         Langkah-langkah penulisan cerita pendek.

5.         Metode Pembelajaran
·         Pendekatan Scientific (ilmiah).
·         Pendekatan pedagogi genre.
·         Pendekatan CLIL.
·         Model pembelajaran berbasis teks.
·         Metode pembelajaran meliputi: Diskusi, Inkuiri, Penugasan, dan Presentasi.

6.         Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
(Catatan: kolom bagian kanan bukan bagian RPP tetapi penjelasan prosedur model pembelajaran Bahasa Indonesia).

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
Pendahuluan

1.   Peserta didik mempersiapkan diri mengikuti pembelajaran (berdoa, presensi, cek kesiapan, dll).
2.   Pendidik menyinggung kembali materi minggu lalu.
3.   Pendidik mengajukan beberapa pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan dengan materi yang akan dipelajari.
4.   Peserta didik menanggapi pertanyaan-pertanyaan pendidik yang mengaitkan pengetahuan dengan materi yang akan dipelajari.
5.   Peserta didik mendapatkan motivasi dari pendidik berkaitan dengan materi yang akan dipelajari.
6.   Peserta didik menerima informasi tentang cerita pendek.
7.   Peserta didik menerima penjelasan dari pendidik mengenai cakupan materi secara umum dan alur kegiatan dalam pembelajaran secara sekilas dan jelas.

1.Apersepsi :
·         Pendidik menayangkan video motivasi (pentingnya menulis) kepada peserta didik sebelum pembelajaran dimulai.

2.      Motivasi :
·         Pendidik menjelaskan pentingnya membaca, terutama karya sastra.
·         Pendidik memberikan dorongan kepada peserta didik untuk aktif berkarya (menghasilkan karya sastra) melalui menulis.

Catatan: Pedagogi genre (membangun konteks) dilakukan pada kegiatan pendahuluan.

15 menit
Membangun Konteks:
Dialog informasi tentang fungsi dan wujud cerita pendek dalam kehidupan sehari-hari. Dapat pula diberikan sebuah cerpen yang terdapat di surat kabar semisal koran, majalah, dsb.
Inti
1.      Beberapa peserta didik maju di depan kelas untuk bercerita mengenai pengalaman yang pernah dialami (cerita bebas).
2.      Pendidik membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok.
3.      Pendidik membagikan contoh cerita pendek berjudul “Juru Masak” karya Damhuri Muhammad.
4.      Peserta didik berdiskusi dengan kelompok yang telah dibagi.
5.      Peserta didik mencermati struktur cerita pendek yang telah dibacanya. (Mengamati)
6.      Peserta didik mencermati ciri kebahasaan yang digunakan dalam cerita pendek. (Mengamati)
7.      Peserta didik mencermati isi pokok cerita pendek. (Mengamati)
8.      Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang  struktur cerita pendek. (Menanya)
9.      Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang ciri kebahasaan yang digunakan dalam cerita pendek. (Menanya)
10.  Peserta didik mengajukan pertanyaan isi pokok cerita pendek. (Menanya)
11.  Peserta didik mengumpulkan informasi melalui telaah model cerita pendek. (Eksplorasi)
12.  Peserta didik menyimpulkan struktur cerita pendek. (Mengasosiasi)
13.  Peserta didik menyimpulkan ciri kebahasaan cerita pendek. (Mengasosiasi)
14.  Peserta didik menyimpulkan isi pokok cerita pendek. (Mengasosiasi)
15.  Pendidik memberikan latihan untuk membuat sebuah cerita pendek kepada setiap kelompok.
16.  Peserta didik menentukan topik cerita pendek dengan peta pikiran (mindmap).
17.  Peserta didik mengerjakan latihan yang diberikan guru untuk mengembangkan kompetensi (seperti latihan diksi, kalimat, dan paragraf) yang sesuai dengan jenis cerita pendek:
a. Latihan menyusun abstraksi.
b. Latihan menyusun orientasi.
c. Latihan menyusun krisis.
d. Latihan menyusun koda.
e. Latihan kebahasaan.
e. Latihan pengembangan paragraf cerita pendek.
f. Latihan pengembangan kekohesian.
g. Latihan kosa kata dan frasa idiomatis.
18.  Peserta didik menyusun kerangka cerita pendek.
19.  Peserta didik mengumpulkan informasi sesuai dengan topik yang dipilih.
20.  Peserta didik menyusun cerita pendek berdasarkan kerangka yang telah disusun dengan memerhatikan struktur, ciri kebahasaan, isi, dan EBI.
21.  Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan tentang struktur, ciri bahasa, dan isi pokok cerita pendek serta cerita pendek yang telah disusun (Mengomunikasikan).
22.  Peserta didik menanggapi keseluruhan cerita pendek yang telah dipresentasikan dilihat dari struktur, kebahasaan, isi, peristiwa yang berkaitan dengan kepentingan publik, sindiran, unsur humor, kata, dan frasa idiomatis.
23.  Peserta didik merevisi cerita pendek berdasarkan masukan dari teman.
24.  Peserta didik memasukkan lembar coretan kerja dan semua draf hingga draf final ke bendel portofolio masing-masing.
Catatan:
1. Pendekatan pedagogi genre (menelaah model) dilakukan pada kegiatan inti dengan memadukan pendekatan scientific (saintifik).
2. Poin kegiatan nomor 5-14 masuk ke dalam pendekatan CLIL, yaitu konten.
3. Poin kegiatan nomor 21 masuk ke dalam pendekatan CLIL, yaitu komunikasi.
4. Poin kegiatan nomor 15 dan 17 masuk ke dalam pendekatan pedagogi genre, yaitu mengonstruksi terbimbing.
5. Poin kegiatan nomor 16, dan 18-24 masuk ke dalam pendekatan CLIL (kognisi dan kultur) yang merupakan bagian dari pendekatan pedadogi genre, yaitu mengonstruksi mandiri.

60 menit
Menelaah Model:
Tujuan kegiatan ini agar peserta didik mendapatkan pengetahuan tentang cerita pendek secara mandiri dengan bimbingan guru. Kegiatan ini dapat dilakukan secara individual, berpasangan, atau berkelompok. Panduan lembar kerja































Mengonstruksi Terbimbing:
Kegiatan ini merupakan aplikasi dari pemahaman tentang teks dan latihan kebahasaan yang digunakan dalam menyusun teks cerita pendek.







Mengonstruksi Mandiri:   
Setelah peserta didik berkegiatan untuk mendapatkan pemahaman dan berbagai latihan subkompetensi menulis (atau berbicara) diharapkan peserta didik sudah memiliki kepercayaan diri untuk menyusun teks secara mandiri.











Penutup
1.      Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2.      Peserta didik melaksanakan penilaian pembelajaran yang diberikan pendidik.
3.      Peserta didik saling memberikan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran yang telah dicapai.
4.      Pendidik memberikan tugas (pekerjaan rumah) sebagai salah satu alat untuk menilai sejauh mana peserta didik mampu memahami materi yang telah dipelajari.
5.      Pendidik memberikan informasi terkait materi yang akan dipelajari minggu depan.
6.      Pendidik memberikan motivasi dengan tujuan menjaga semangat belajar peserta didik mengikuti setiap pembelajaran.
7.      Pendidik menutup pembelajaran dengan mengucapkan hamdallah, dilanjutkan dengan berdoa, dan diakhiri salam.

15 menit
Kegiatan penutup merupakan refleksi pendidik dan peserta didik terhadap proses dan hasil pembelajaran sebagai upaya peningkatan mutu berkelanjutan


7.      Media dan Sumber Pembelajaran
a. Media pembelajaran     : Contoh cerita pendek.
b. Alat                              : Laptop, LCD.
c. Sumber                         :
·         Kemdikbud. 2013. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik Kelas XI. Jakarta: Kemdikbud.
·         Internet.
·         KBBI.

8.      Penilaian Hasil Belajar
Keterampilan
a.       Jenis         : Menulis
b.      Bentuk     : Uraian
c.       Instrumen
Tulislah sebuah cerpen dengan memerhatikan hal di bawah ini!
1. Pilihlah topik sebuah cerpen!
2. Kembangkan topik cerpen tersebut menjadi sebuah cerpen dengan memerhatikan struktur, kebahasaan, isi, dan EBI.

Sikap
No.
Waktu
Nama
Kejadian/ Perilaku
Butir sikap
Positif/ Negatif
Tindak Lanjut
1.






2.






3.






4.







Pedoman Penskoran
Keterampilan
Bagian
Aspek yang Dinilai
Skor
1.
a.                      Peserta didik menentukan topik cerpen sangat sesuai dengan isi
4
b.                      Peserta didik menentukan topik cerpen  sesuai isi
3
c.                      Peserta didik menentukan topik cerpen kurang sesuai isi
2
d.                     Peserta didik menentukan topik cerpen tidak sesuai isi
1
2.
e.                      Peserta didik menulis cerpen   dengan struktur (abstraksi, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda) sangat menarik
4
f.                       Peserta didik menulis cerpen   dengan struktur (abstraksi, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda) menarik
3
g.                      Peserta didik menulis cerpen  dengan struktur (abstraksi, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda) kurang menarik
2
h.                      Peserta didik menulis cerpen dengan struktur (abstraksi, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda) tidak menarik
1

Nilai = Perolehan skor
            Jumlah kriteria/soal

9.      Pendukung Pembelajaran (Alat, Media, Bahan, dan Sumber)
a. Penyajian komputer (laptop) dengan program powerpoint.
b. Bahan ajar otentik cerpen (cerpen karya siswa, buku kumpulan cerpen atau media massa, dan internet).
c. Kemdikbud. 2013. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik Kelas XI. Jakarta: Kemdikbud.
d. Internet.





Proyek Literasi
            Bacalah cerita pendek yang terdapat di surat kabar, semisal cerita pendek berjudul Pelajaran Mengarang karya Seno Gumira Ajidarma atau buku lain yang berkaitan dengan cerita pendek. Tulis pada contoh jurnal berikut!

JURNAL MEMBACA

            Judul Buku      :
            Pengarang       :
            Terbitan           :
            Waktu baca     : tanggal ................ sampai .....................

Tanggal Baca
Ringkasan Isi
Komentar

















Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Kurikulum 2013 Model Pengajaran Sastra"