Pengertian Berbahasa dan Sastra Indonesia Lengkap Pdf

Assalamualaikum sobat SI (Seputar Informasi), pada kesempatan kali ini aku akan berbagi kembali mengenai ilmu pengetahuan. Artikel yang akan aku bahas kali ini adalah Keterampilan Berbicara dan Sastra Indonesia. Seperti kita ketahui bersama, dalam ilmu bahasa, terdapat empat keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan menyimak, berbicara, menulis, dan membaca. Keempat hal tersebut merupakan konsep dasar secara umum, akan tetapi jika kita kaitkan dengan ilmu sastra, ada satu keterampilan lagi yang mendukung empat konsep tersebut, yaitu keterampilan sastra. Pada dasarnya, keterampilan bersastra ini merupakan implementasi dari keempat konsep tersebut. Seseorang yang ingin bersastra, tidak cukup menguasai keterampilan menulis saja ataupun keterampilan menyimak. Seorang sastrawan, seorang penyair, seorang pengarang, tidak hanya menguasai satu konsep keterampilan berbahasa, melainkan sudah menguasai semunya. Maka tidak mengherankan, penyair semisal Chairil Anwar dapat disebut sebagai penyair luar biasa. Chairil Anwar selain jago menulis untuk karyanya, dia juga mampu menggunakan keterampilannya membacakan puisi di atas panggung dengan intonasi dan artikulasi yang mantap. Belum lagi perihal menjiwai atau menghayati setiap baris puisinya. Iya karena dia menguasai keterampilan membaca. Kemudian, keterampilan menyimak yang dia kuasai melalui indera penglihatan dan pendengaran semakin mendukung kehebatan karya ciptaan Chairil Anwar. 

Selain pengantar paragraf awal di atas, sedikit aku informasikan bahwa pada postingan ini akan aku berikan file materi Keterampilan Berbicara dan Sastra Indonesia dalam bentuk PDF secara gratis. Iya, kalian boleh download file ini untuk kepentingan kalian, khususnya mahasiswa dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI). Maklum saja, saya dulu adalah seorang mahasiswa PBSI. Alhamdulillah juga sekarang sudah mengajar di SMP dan SMA daerah Magelang. Oleh sebab itu, aku ingin berbagi ilmu dengan kalian melalui postingan ini. Harapan besar, tidak hanya artikel ini saja yang sekiranya kalian baca, insyaallah dan secepatnya aku juga akan membagikan artikel-artikel lain yang mempunyai nilai pengetahuan bagi sobat pembaca. Saya akan senang sekali jika kalian membaca artikel-artikel buatanku. Sebagai guru, tentu akan sangat senang melihat banyak orang rajin membaca buku dan haus akan pengetahuan. Semoga bermanfaat dan membantu kesulitan belajar kalian. Terima kasih dan selamat mendownload, selamat belajar!



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Berbahasa dan Sastra Indonesia Lengkap Pdf"