Trik Mencari Ide Untuk Menulis

Apakah sebagai penulis atau calon penulis Anda pernah merasa kehabisan ide? Anda merasa tidak ada lagi ide yang bisa Anda jadikan bahan tulisan. Pun ketika Anda telah berkunjung ke toko buku. Alih-alih mendapat ide, Anda justru merasa jutaan ide telah terkupas manis di sana. Lalu, apa yang bisa Anda tulis? Jangan khawatir, selama kehidupan manusia terus berjalan, ide pun akan selalu ada. Coba beberapa trik berikut ini. Semoga dapat membantu Anda menemukan ide brillian untuk menulis buku.
1. Jeli melihat tren pasar
Ketika Anda surfing ke toko buku atau mengeksplorasi Internet, Anda bisa melihat kebutuhan buku jenis apa yang sedang menjadi tren. Coba intip rak best seller, buku jenis apa yang ada di sana? Apakah psikologi, parenting, antologi kisah-kisah inspiratif, buku anak, bisnis, dan lain-lain. 
Nah, hal ini sebenarnya bisa memancing ide kita untuk menemukan jenis buku apa yang sedang dicari banyak orang. Apabila Anda merasa tidak memiliki kemampuan di bidang tersebut, Anda juga bisa menggandeng seorang narasumber yang kompeten. Apalagi jika ternyata narasumber tersebut adalah saudara Anda sendiri atau ada di antara keluarga Anda. 

2. Eksplorasi diri sendiri
Bidang apa yang Anda kuasai? Apakah Anda seorang wirausahawan? Guru? Penerjemah? Apapun profesi Anda, Anda bisa menuliskannya dalam bentuk buku. Karena pada hakikatnya, sebuah buku adalah alat transfer ilmu kepada orang lain. Jadi mengapa tidak berbagi pengalaman dan kerja keras Anda pada orang lain? 
Tetapi, jangan lupa, perhatikan pasar, apakah buku yang serupa dengan ide kita itu sudah ada? Jika ada, jangan putus asa, perhatikan “celah”nya, apa yang bisa kita lengkapi dari buku yang sudah ada. Kita bisa saja menambahkan CD tutorial, bonus mengikuti seminar, dilengkapi daftar atau informasi tertentu, terdapat trik dan tips, dan masih banyak lagi.

3. Jadikan perbedaan pendapat sebagai senjata
Anda pernah membaca buku dan merasa ada yang salah atau Anda tidak sependapat dengan penulis buku tersebut? Ayo, tuliskan dalam buku versi Anda sendiri. Seringkali ketika kita membaca sebuah buku,  tanpa sadar kita menciptakan versi kita sendiri. Bukankah perbedaan pendapat itu wajar? 

4. Saling melengkapi ide
Kolaborasi adalah salah satu teknik yang tepat ketika Anda ingin berkarya menghasilkan sebuah buku. Dengan berkolaborasi, ide yang ada pun akan semakin kaya dan saling melengkapi. Brainstorming yang terjadi dalam sebuah kolaborasi membuat sebuah buku akan semakin utuh. Kolaborasi ini bisa dilakukan dengan penulis senior yang Anda kenal, bisa juga terjadi dengan keluarga Anda sendiri, sahabat atau sebuah komunitas. Apapun mungkin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trik Mencari Ide Untuk Menulis"