Cara Jitu Bagi Mahasiswa yang Ingin Memperoleh IP di Atas 3,5 Setiap Semester


 

           Menjadi mahasiswa yang tergolong pintar memanglah tidak mudah. Tengok saja mulai dari godaan bermain bersama teman, pacaran, dan kerja untuk mencari uang. Alhasil kalau sudah seperti itu, jangankan untuk mendapatkan nilai bagus, bisa memenuhi kewajiban presensi saja susahnya setengah mati. Padahal, kalau dipikir-pikir sebagai mahasiswa, tugas utamanya adalah kuliah dengan sebaik-baiknya. Bagi kalian (mahasiswa) yang merasa mempunyai segudang permalasahan, terlebih menyangkut urusan nilai, berikut ini telah terangkum beberapa cara memperoleh nilai bagus dari beberapa mahasiswa bernilai tinggi yang berhasil diwawancarai. Semoga ini dapat membantu menyelesaikan permasalahanmu di saat kesibukan dan kemalasan yang tiada akhirnya.

1. Memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuanmu dan bukan jurusan yang kamu pilih hanya sekadar ajang pamer belaka.
Kuliah di jurusan yang terbilang mentereng, semisal jurusan pertambangan atau perminyakan tentunya membuat kamu terlihat sebagai sosok yang masa depannya syarat akan kemudahan. Mulai dari gaji menjulang dan banyaknya kesempatan kerja yang tersedia membuat jurusan ini tidak pernah sepi peminat. Namun, kalau pertimbanganmu hanya soal itu, bersiaplah kamu terseok-seok meraih IP sempurna di bangku perkuliahan. Bukannya tanpa alasan, kuliah di jurusan tersebut memiliki beberapa matakuliah yang boleh dibilang sulit. Sebut saja mata kuliah seperti kalkulus dan termodinamika yang katanya membuat kuliah terasa di dalam neraka. Kalau sudah seperti itu, bagaimana bisa kamu lulus atau memperoleh nilai tertinggi? Maka dari itu, disarankan untuk memilih jurusan yang menurut kamu mudah untuk dijalankan. Tidak perlu terlalu berpikir soal lapangan pekerjaan apalagi soal keren-kerenan. Pilihlah jurusan yang dari segi matakuliahnya kamu merasa sanggup untuk menyelesaikannya.

2. Pacaran dengan teman sejurusan yang bisa membuat kamu malu kalau mendapat nilai pas-pasan, belum lagi dorongan motivasi dari sang pacar.
Untuk kamu yang merasa masih jomblo, pacaran dengan teman satu jurusan patut kamu coba. Apalagi pacar kamu adalah seorang mahasiswa atau mahasiswi yang terkenal kecerdasannya. Dapat dibayangkan jika kelak kamu ketularan pintarnya dan memperoleh nilai sesuai keinginanmu. Selain itu, pacaran dengan teman satu jurusan membuat kamu sayang untuk melewatkan momen-momen berduaan meski hanya berada di dalam kelas. Tidak hanya itu, apabila nilai kamu dibandingkan dengan pacar kamu, tentu ada rasa malu karena nilai kamu kalah dengan pacarmu. Percaya, melalui cara ini paling tidak kamu seolah mempunyai dorongan motivasi untuk selalu belajar dengan sebaik mungkin.
  
3. Menjelang masa UAS, carilah tumpangan di kost mahasiswa yang memang terkenal nilainya di atas rata-rata.
Ini yang perlu menjadi catatan untuk kalian para mahasiswa. Biasanya masa Ujian Akhir Semester (UAS) adalah masa yang paling sibuk yang dialami oleh kalangan mahasiswa. Bagaimana tidak, hasil belajar kamu selama satu semester ditentukan lewat ujian yang mungkin hanya berlangsung paling lama dua minggu. Meski demikian, perlu untuk kamu merasa tenang karena sekalipun UAS adalah momok yang menakutkan, ada baiknya kamu berpikir untuk mencari jalan keluar. Salah satunya adalah memanfaatkan keberadaan teman satu jurusan yang otaknya terkenal cemerlang. Minimal satu minggu sebelum masa sulit itu datang, ajaklah temanmu untuk bersedia mengajarimu dan syukur-syukur kamu diperbolehkan menginap untuk beberapa hari selama UAS. Sebagai gantinya kamu bisa menraktir dia makan siang atau makan malam sesekali. Belajar dengan orang pintar seperti itu banyak manfaat yang bisa diambil. Selain ada teman bertukar pikiran, orang model begitu juga biasanya mempunyai cara belajar yang ilmunya bisa kamu tiru.

4. Memilih tempat yang tenang untuk belajar semisal perpustakaan.
Kalau biasanya kamu lebih memilih nongkrong di kantin daripada di perpustakaan, kini saatnya kembali ke hakikat mahasiswa yang seharusnya banyak membaca buku di perpustakaan. Untuk sementara waktu lupakan dulu ajakan karaokean, hangout di kafe, nonton bersama, apalagi traveling ke luar kota. Sisihkan waktu dan tenaga untuk mendalami materi kuliah di perpusatakaan yang tenang dan minim gangguan. Lebih bagus lagi jika kegiatan positif ini dapat kamu terapkan selama UAS dengan niat yang sungguh. Setidaknya hal ini dapat membangun suasana hati yang bagus untuk belajar secara serius.

5. Membuat catatan kecil yang isinya rangkuman mata kuliah yang diujikan, tetapi bukan untuk menyontek.
Cara belajar itu banyak jenisnya dan tentu saja setiap orang mempunyai cara belajarnya sendiri. Jika cara belajar kamu kurang maksimal meski sudah berkali-kali membaca buku, maka ada baiknya kamu modifikasi cara belajarmu. Salah satu jalannya adalah membuat ringkasan materi ujian yang akan diujikan. Setidaknya hal semacam tersebut memberikan gambaran lebih jelas dan tentunya kamu lebih mendalami materi kuliahmu karena daya ingat manusia tentang sesuatu hal akan lebih kuat jika dibarengi dengan jalan membaca dan meringkas, terutama kamu meringkas dengan cara menulis lewat tangan alias manual.
Nah, itulah beberapa tips cara memperoleh nilai bagus. Namun, perlu diingat jika untuk mendapatkan nilai yang sesuai keinginanmu tersebut perlu usaha keras. Tidak lupa, berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa agar kelak usahamu tersebut bukan menjadi sebuah hal yang sia-sia. Untuk itu, semoga bermafaat dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-harimu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Jitu Bagi Mahasiswa yang Ingin Memperoleh IP di Atas 3,5 Setiap Semester"